Senin, 17 Juni 2024

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PENGADILAN NEGERI KALABAHI
Jalan Jendral Sudirman No.20, Kabupaten Alor - Nusa Tenggara Timur
Telp. 0386 21097| Fax. 0386 21006 | Email. pnkalabahi@gmail.com
» Berita Mahkamah Agung » MAHKAMAH AGUNG MENERIMA KUNJUNGAN INDONESIA SOCIETY OF INTERNATIONAL LAW (INASIL)
MAHKAMAH AGUNG MENERIMA KUNJUNGAN INDONESIA SOCIETY OF INTERNATIONAL LAW (INASIL)

MAHKAMAH AGUNG MENERIMA KUNJUNGAN INDONESIA SOCIETY OF INTERNATIONAL LAW (INASIL)

MAHKAMAH AGUNG MENERIMA KUNJUNGAN INDONESIA SOCIETY OF INTERNATIONAL LAW (INASIL)

Humas – Jakarta : Mahkamah Agung menerima kunjungan Indonesian Society of International Law atau INASIL yaitu pihak penyelenggara Kompetisi Peradilan Philip C – Jessup International Law Moot Court Competition pada hari Jumat, 31 Maret 2023 bertempat di Lantai 2 Mahkamah Agung RI.
Pertemuan ini dihadiri dan dipimpin oleh Ketua Kamar Pembinaan, Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, S.H.,L.L.M, Ketua Kamar Perdata I Gusti Agung Sumanatha, S.H.,M.H, dan para Hakim Yustisial Mahkamah Agung.

Selain itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut Founder INASIL, Arisia Pusponegoro, S.H,L.L.M, Direktur eksekutif INASIL, Joshua G.Langoy, S.H, Direktur Operasi dan Pengembangan INASIL, Tifany R.Jonan, S.H, Direktur Hubungan Masyarakat INASIL, Tsabita P. Nararya, S.H,

Direktur Produksi dan Acara INASIL, Kevin Setiadi, S.H beserta dengan para delegasi kompetisi Peradilan Philip C – Jessup International Law Moot Court Competition yang berasal dari 4 universitas antara lain : Universitas PelitaHarapan (UPH), Universitas Katolik Parahyangan (UNP AR), Universitas Airlangga(UNAIR), Universitas Gadjah Mada(UGM).

Dalam kegiatan tersebut,Hakim Agung I Gusti Agung Sumanatha, S.H.,M.H, mewakili Ketua Kamar Pembinaan MA, menyampaikan bahwa Mahkamah Agung RI mengapresiasi  setinggi-tingginya para delegasi Indonesia yang telah berhasil meraih prestasi dan memenangkan babak Putaran Nasional Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition, yang dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2023 lalu, di Pusat Pembelajaran Arntz Geise (PPAG), Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Philip C. Jessup Internasional Law Moot Court Competition merupakan kompetisi peradilan semu internasional terbesar dan tertua di dunia yang hingga kini diikuti lebih dari 600 universitas dari sekitar 90 negara. Kompetisi ini fokus pada persoalan isu-isu hukum internasional dan menggunakan bahasa inggris secara penuh dalam pelaksanaannya.

Dalam pertemuan tersebut, Pihak INASIL menyampaikan terima kasih atas keterlibatan beberapa Hakim Agung yang telah bersedia menjadi juri di kompetisi. Selain itu, hal lain yang dibahas dalam pertemuan adalah adanya rencana kerjasama INASIL dengan pihak Mahkamah Agung, diantaranya partisipasi lanjutan Mahkamah Agung sebagai juri pada kompetisi dan penamaan piala pemenang utama dengan menggunakan nama Mahkamah Agung.

Kompetisi Peradilan Philip C. Jessup Internasional Law Moot Court Comptetition yang telah berlangsung di Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan menghasilkan Pemenang akan mengikuti kompetisi lanjutan di Washington DC Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Agung I Gusti Agung Sumanatha, S.H.,M.H menyampaikan bahwa Mahkamah Agung Republik Indonesia selalu mendukung perkembangan hukum internasional , terus berupaya memajukan dunia hukum di Indonesia dan bekerja sama secara efektif dengan INASIL serta institusi hukum lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan hukum di Indonesia.

“Kami berharap anggota delegasi dapat menghadapi semua tantangan dengan baik dan memperoleh hasil terbaik di ajang internasional serta diberikan kesehatan dan keselamatan selama kegiatan tersebut.” seraya menutup sambutannya.(Ip/ Pn /Dokumentasi :Yrz/Bs)