Senin, 17 Juni 2024

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PENGADILAN NEGERI KALABAHI
Jalan Jendral Sudirman No.20, Kabupaten Alor - Nusa Tenggara Timur
Telp. 0386 21097| Fax. 0386 21006 | Email. pnkalabahi@gmail.com
» Berita Mahkamah Agung » KUNJUNGAN KERJA KETUA MAHKAMAH AGUNG RI KE FEDERAL COURT OF AUSTRALIA (FCA) DAN FEDERAL CIRCUIT AND FAMILY COURT OF AUSTRALIA (FCFCOA).
KUNJUNGAN KERJA KETUA MAHKAMAH AGUNG RI KE FEDERAL COURT OF AUSTRALIA (FCA) DAN FEDERAL CIRCUIT AND FAMILY COURT OF AUSTRALIA (FCFCOA).

KUNJUNGAN KERJA  KETUA MAHKAMAH AGUNG RI KE FEDERAL COURT OF AUSTRALIA (FCA) DAN FEDERAL CIRCUIT AND FAMILY COURT OF AUSTRALIA (FCFCOA).

Canberra – Humas: pada 1 Agustus 2023 Ketua Mahkamah Agung RI YM Prof Dr M Syarifuddin SH., MH melakukan kunjungan kerja ke Federal Court of Australia (FCA) dan Federal Circuit and Family Court of Australia (FCFCOA). Kunjungan kerja merupakan bagian dari Kerjasama yudisial antara Mahkamah Agung RI dengan peradilan Australia yang sudah berlangsung selama hampir 20 tahun sejak ditanda tangani pertama kali oleh Ketua MARI Prof Dr Bagir Manan, SH., MCL dan Chief Justice Michael Black tahun 2004. Nota kesepahaman ini terakhir kali ditanda tangani kembali perpanjangannya pada 8 Desember 2020, secara virtual khususnya dalam rangka persiapan 20 tahun Kerjasama Mahkamah Agung RI dengan Federal Court of Australia.

Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka memulai kembali pembicaraan perpanjangan nota kesepahaman kerjasama yudisial. Sebagaimana diketahui MARI, FCA dan FCFCOA telah menjalankan berbagai agenda kerjasama yudisial bilateral yang meliputi dua agenda besar, yaitu Meningkatkan Peran Pengadilan untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Dialog Berkelanjutan terkait hukum substantif.

Sementara itu pada FCFCOA kerjasama meliputi  Peningkatan Peran Pengadilan dalam Menjamin Akses terhadap keadilan-khususnya bagi Anak dan Perempuan dan Dialog Berkelanjutan Hukum Substantif.

YM Ketua Mahkamah Agung RI didampingi oleh delegasi yang terdiri dari Ketua Kamar Perdata YM IGA Sumanatha, SH., MH, Hakim Agung Kamar Perdata YM Dr. Yakup Ginting, SH., MKn Staf Khusus Ketua MA Dr Aria Suyudi, SH., LLM dan Ajudan KMA Kapten Dede Andryawan.

Di FCA, delegasi KMA diterima oleh Chief Justice Debra Mortimer, didampingi oleh Justice Michael o Bryan dan Principal Registrar/CEO Ms Sia Lagos. Pembicaraan terfokus kepada peluang perluasan kerjasama ke depan, dimana disepakati bahwa ke depannya kerjasama bilateral juga dapat meliputi aspek lain seperti Kepemimpinan Hakim Perempuan, Hak Asasi Manusia, Ketenaga Kerjaan serta mediasi.

Sementara itu pada FCFCOA, delegasi diterima oleh Deputy Chief Judge Patrizia Mercuri dan Justice Suzi Christie. Selain itu hadir pula Craig Ewers dari AIPJ 2 serta ibu Emma Blanch dari DFAT yang juga berperan banyak dalam kerjasama yudisial ini.

Kedua belah pihak menyepakati bahwa kerjasama bilateral sudah berjalan dengan baik, dan sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Selanjutnya perlu terus dipikirkan cara untuk terus meningkatkan kualitas kerjasama tersebut. Secara umum kunjungan ini juga menyepakati bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman akan dilakukan pada Juni 2024 yang akan datang. (AR / Humas)