Rabu, 28 September 2022

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PENGADILAN NEGERI KALABAHI
Jalan Jendral Sudirman No.20, Kabupaten Alor - Nusa Tenggara Timur
Telp. 0386 21097| Fax. 0386 21006 | Email. pnkalabahi@gmail.com
» Berita Pengadilan » Upacara HUT Mahkamah Agung RI Ke 77
Upacara HUT Mahkamah Agung RI Ke 77

Upacara Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke 77 dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2022. Dalam surat edaran Mahkamah Agung diberitahukan kepada seluruh satker Pengadilan Tingkat Pertama untuk menyelenggarakan upacara HUT Mahkamah Agung RI ke 77 di kantor masing masing dan selanjutnya dapat dilakukan pemotongan tumpeng. (19/08/2022).

Upacara HUT MARI tahun ini diselenggarakan secara langsung dan serentak di satker masing masing dimana di dua tahun sebelumnya, penyelenggaraan upacara dilaksanakan secara daring karena masih dalam situasi pandemi covid-19, namun untuk tahun ini karena situasi sudah berangsur pulih maka dilaksanakan secara langsung. Untuk tahun ini Pembina upacara untuk satker Pengadilan Negeri Kalabahi dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Kalabahi  YM R.M.Suprapto, S.H.  upacara selanjunya yakni pembacakan teks sambutan dari Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dalam sambutannya memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh insan peradilan untuk terus bahu membahu dalam menegakkan keadilan di Indonesia, memberikan kepastian hukum yang tepat serta yang lebih utama selalu menjaga kesehatan agar dapat memberikan layang keadilan bagi seluruh rakyat indonesia secara maksimal.

Juga di akhir upacara diselenggarakan Penyerahan Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI dan Ketua Mahkamah Agung RI. Tanda Kehormatan tersebut diberikan dengan tujuan menghargai PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus.

Satya Lencana dan Piagam penghargaan tersebut diberikan kepada 6  Pegawai Negeri Sipil di Pengadilan Negeri Kalabahi, Ke-6 PNS tersebut dianggap memenuhi syarat-syarat untuk mendapatkan tanda kehormatan, masa bekerja secara terus menerus selama 8 (delapan), 10 (sepuluh) dan 30 (tiga puluh) tahun.

Berikut ini nama-nama ASN penerima tanda kehormatan tersebut :

Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya XXX tahun : 

  1. Dra Emerensiana Ema Karangora
  2. Simson Lupuituku

Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya X tahun : 

  1. Novianus M Gelu, S. Kom
  2. Matheus Koamesah, SH
  3. Helton B. K. Wadu, SH

Piagam Tanda Kehormatan Satya Karya Dwiwindu: 

  1. Agnes Fitalia Dami, SH

Selesai upacara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, ini dilakukan sebagai wujud syukur seluruh warga peradilan atas limpahan berkah yang diberikan kepada kita, tradisi ini biasa dilakukan oleh Pengadilan Negeri Kalabahi ketika selesai Upacara Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI.

Selain itu sebagai rasa syukur insan peradilan, dalam rangka memeriahkan HUT Mahkamah Agung ke 77 ini, khususnya untuk Pengadilan Negeri Kalabahi mengadakan kegiatan Santunan untuk Yatim Piatu dan Dhuafa, rejeki yang didapat selama mengabdi untuk Instansi Mahkamah Agung ini tidak lupa disishkan sebagian bagi adik adik kita yang sangat membutuhkan bantuan kita yaitu bantuan berupa sembako serta peralatan tulis guna disalurkan di beberapa panti asuhan yatim piatu dan dhuafa kemudian dilanjutkan dengan beberapa perlombaan untuk memeriahkan HUT Mahkamah Agung RI ke 77.