Rabu, 28 September 2022

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PENGADILAN NEGERI KALABAHI
Jalan Jendral Sudirman No.20, Kabupaten Alor - Nusa Tenggara Timur
Telp. 0386 21097| Fax. 0386 21006 | Email. pnkalabahi@gmail.com
» Berita Pengadilan » e-BIMA Hadir di Pengadilan Negeri Kalabahi
e-BIMA Hadir di Pengadilan Negeri Kalabahi

Ketua bersama Panitera dan Sekretaris pada Pengadilan Negeri Kalabahi menyaksikan lounching aplikasi e-BIMA oleh Ketua Mahkamah Agung RI secara virtual.

 

PN. KALABAHI | Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH., MH. memperkenalkan dan sekaligus memberlakukan secara resmi aplikasi e-BIMA sebagai sarana bantu pengawasan terhadap pengelolaan keuangan negara, keuangan perkara dan uang titipan pihak ketiga, sehingga dapat memudahkan pimpinan satuan kerja dalam melakukan pengawasan dan monitoring secara akurat dan realtime;

e-BIMA atau electronic Budgeting Implementation Monitoring and Accountability telah dibekali dengan 6 (enam) fitur utama, sebagai berikut:

  1. Pagu alokasi anggaran yang menyajikan data mutakhir pagu anggaran Mahkamah Agung dan setiap satuan kerja di empat lingkungan peradilan;
  2. Realisasi DIPA yang menampilkan data realisasi anggaran secara berkala dan realtime;
  3. Realisasi PNBP guna memantau penerimaan dan realisasinya;
  4. Capaian kinerja seluruh satuan kerja dalam pengelolaan anggaran;
  5. Perbendaharaan yang mencakup data pertanggungjawaban uang persediaan secara berjenjang;
  6. Keuangan perkara yang memuat menu terkait kondisi rekapitulasi keuangan perkara;

Guna melakukan optimalisasi dalam pengelolaan, pengawasan dan pelaporan keuangan, serta transparan dan akuntabel, Mahkamah Agung RI memperkenalkan dan sekaligus memberlakukan secara resmi aplikasi e-BIMA. Lounching aplikasi e-BIMA ini ditandai dengan pemukulan palu digital oleh Ketua Mahkamah Agung RI didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial dan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial, serta Sekretaris Mahkamah Agung RI dari gedung Mahkamah Agung RI Senin 11 Oktober 2021.

Dody Rahmanto, SH.,MH. yang merupakan Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi usai menyaksikan dan menyimak lounching aplikasi e-BIMA secara virtual kepada wartawan menyatakan sangat mengapresiasi pemberlakukan secara resmi aplikasi e-BIMA ini. Sebuah inovasi sistem monitoring yang memiliki nilai akuntabilitas untuk mendukung kinerja sistem hukum di Indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung menyampaikan untuk membantu tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel serta memiliki tiga fungsi yaitu: Mitigasi pelaporan keuangan untuk mengurangi resiko-resiko dalam pelaporan keuangan yang tidak sesuai dengan standar pelaporan, Menjadi dasar bagi pimpinan satuan kerja dalam mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan dan perubahan pagu anggaran, dan  Sebagai dasar bagi pimpinan dalam menerapkan penilaian kinerja pengelolaan anggaran berbasis reward and punishmen. Disamping itu Ketua Mahkamah Agung juga mengapresiasi kinerja kesekretariatan MARI di bidang pengelolaan keuangan yang terus meraih predikat WTP yang kesembilan kali secara berturut-turut.

Dan dengan hadirnya aplikasi e-BIMA di Mahkamah Agung dan empat lingkungan badan peradilan di bawahnya diharapkan dapat menjadi sandaran untuk terus mampu mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sehingga semakin meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan;

Dan meskipun kegiatan ini dilakukan secara virtual di tengah kesibukan masing-masing, namun mengundang antusiasme yang tinggi dengan tergambar dari banyaknya pihak yang turut menyaksikan kegiatan ini.